Blog orang suka sehat. Cara, Info, dan Tips kesehatan ada disini.

Sabtu, 31 Januari 2015

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Cara Melegakan Hidung Tersumbat - Hidung tersumbat atau hidung mampet merupakan hal yang paling menyebalkan menurut saya, ya jelas sekali ini karena ketika dalam keadaan hidung tersumbat maka kita akan susah dalam bernafas, apalagi jika yang tersumbat kedua lubang hidung maka tentunya akan susah untuk bernapas. Hidung tersumbat ini juga merupakan gejala demam. Tentunya sangat menyebalkan sekali bukan ketika hidung tersumbat nah pada kali ini saya akan membagikan cara alami untuk melegakan hidung tersumbat.

Hidung Tersumbat

Cara Melegakan Hidung Tersumbat


  1. Jangan Buang Ingus Terlalu Kuat
    Ketika hidung anda sedang tersumbat maka buanglah ingus secara pelan, dan bergantian agar hidung tidak merang. Membuang ingus terlalu kuat dapat menyebabkan hidung meradang dan memperparah hidung yang tersumbat.
  2. Mandi dengan Air Hangat
    Mandi dengan air hangat lebih baik dibanding mandi dengan air dingin ketika hidung sedang tersumbat. Mandi dengan air hangat dapat melegakan hidung tersumbat, lendir yang menyumbat menjadi encer karena terkena uap air hangat dan keluar sehingga dapat melegakan hidung tersumbat.
  3. Menghirup Uap Air Panas
    Uang air panas ini dapat meringan peradangan dan membuat ingus menjadi lebih cari dan keluar dengan sendirinya. Cukup anda rebus air hingga panas dan hirup uap air panasnya, lakukan berulang-ulang dan buang ingus secara pelan.
  4. Menghirup Inhaler atau Minyak Kayu Putih
    Caranya cukup efektif menurut saya, cukup mengirup inhaler, atau jika anda menggunakan minyak kayu putih selain anda hirup aromanya bisa anda oleskan sedikit di bawah hidung untuk melegakan hidung tersumbat anda.
  5. Makan Makanan Pedas
    Ketika memakan makanan yang pedas ketika hidung sedang tersumbat maka ingus akan menjadi lebih cair atau encer dan mudah di buang. Ini tentunya dapat melegakan hidung tersumbat anda.
  6. Kompres Hidung dengan Air Hangat
    Dengan mengompres dengan air hangat dapat melegakan hidung tersumbat caranya cukup basahi handuk (kecil) dengan air hangat dan tempelkan di batang hidung, lakukan terus menerus hingga merasa lebih baik. Bila handuk sudah tidak terasa hangat maka dapat di basahi lagi dengan air hangat.
  7. Minuman Jeruk Hangat
    Caranya membuatnya cukup mudah cukup peras jeruk di gelas lalu beri air hangat dan segera minum ketika masih hangat. Ini dapat melegakan tenggorokan anda.
  8. Posisikan Tidur
    Ketika hidung anda tersumbat maka ketika tidur tambahlah 1 bantal jadi anda menggunakan 2 bantal di kepala anda bisa bernapas ketika tidur, agar ingus tidak menyumbat hidung.
  9. Teh Herbal
    Seduh teh herbal dan hirup uap airnya dan teh herbalnya dapat anda minum selagi masih hangat. Teh herbal di percaya dapat mencairkan ingus dan memperbaiki drainase hidung.
  10. Sup Ayam
    Anda dapat memakan sup ayam selagi masih hangat. Sup ayam ini mengandung sistein yang dapat meredakan hidung tersumbat dengan cara merilis lendir pada hidung (ingus) sehingga akhirnya hidung tidak tersumbat lagi.
Bila anda terkena hidung tersumbat anda tidak perlu khawatir karena hidung tersumbat ini termasuk penyakit ringan. Hidung tersumbat ini di karenakan peradangan di rongga hidung dan sinus sehingga menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan terjadi pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat. Itu dia tadi penjelasan saya tentang Cara Melegakan Hidung Tersumbat, semoga bisa bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melegakan Hidung Tersumbat