Blog orang suka sehat. Cara, Info, dan Tips kesehatan ada disini.

Rabu, 11 Februari 2015

Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Bahaya Menahan Buang Air Kecil - Di tengah kesibukan, kita sering menahan untuk tidak berkemih dengan alasan ‘tanggung’ atau menahan pipis karena toilet kotor. Sebaiknya jangan biasakan menahan kencing karena bisa menyebabkan infeksi.menahan pipis kalau keseringan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Dalam kandung kemih terdapat otot-otot yang menahan air. Sehingga saat dia terisi oleh air, ia akan memberikan sensasi ingin berkemih kalau sudah penuh. "Sekali dua kali menahan masih biasa. Tapi, kalau ditahan secara terus menerus air yang seharusnya keluar dan air dari atas yang selalu masuk, maka air yang terdapat di kandung kemih akan naik ke atas kembali menuju ginjal. Ini berbahaya karena urin mengandung bakteri. Beberapa akibat dari sering menahan buang air kecil antara lain:
  • Penyumbatan Ureter Ginjal, penyumbatan ini terjadi karena urin yang berisi limbah tubuh tak langsung dikeluarkan.ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat. Bukan hanya itu, kotoran yang tidak ke luar juga akan menimbulkan pembusukan.
  • Infeksi Ginjal, Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, maka kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya, bisa terjadi gangguan infeksi pada ginjal.
  • Rusaknya Kandungan Kemih, Apabila kita tidak melakukan buang air kecil atau kencing ini, maka ada kemungkinan zat-zat tersebut akan merusak saluran kemih kita. Apalagi bila air kencing mengandung kuman. Semakin lama air seni ini di kandung kemih, semakin banyak kuman yang ada.

    Nah itu dia sedikit ulasan mengenai bahaya menahan buang air kecil, maka dari itu janganlah sekali-kali kita menahan atau menunda-nunda jika hendak buang air karena sangat bahaya buat kesehatan kita. Semoga bermanfaat yaa...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya Menahan Buang Air Kecil