Blog orang suka sehat. Cara, Info, dan Tips kesehatan ada disini.

Sabtu, 31 Januari 2015

Pertolongan Pertama Pada Mimisan

Pertolongan Pertama Pada Mimisan - Mimisan atau hidung berdarah adalah suatu keadaan pendarahan terjadi di hidung dan keluar lewat lubang hidung. Mungkin anda pernah mengalami mimisan nah kali ini saya akan memberikan bagaimana sih pertolongan pertama pada mimisan mungkin cara ini bisa bermanfaat bila anda teman, atau saudara anda yang sedang mimisan. Mimisan ini terjadi karena banyak hal misal kecelakaan lalu lintas, olahraga, terkena pukulan keras di hidung, mengorek hidung terlalu kuat atau keraas sehingga menimbulkan luka pada mukosa hidung, dan masih banyak lagi. Berikut untuk pertolongan pertama pada orang mimisan.

Mimisan

Pertolongan Pertama Pada Mimisan

  1. Ketika sedang terjadi pendarahan atau mimisan lebih baik posisi kepala di miringkan ke depan atau posisi duduk hal ini untuk menghindari mengalirnya darah ke kerongkongan atau lambung.
  2. Selanjutnya saat terjadi mimisan pertolongan pertamanya adalah memencet hidung bagian depan selama 3 menit. Selama 3 menit bernapaslah lewat mulut. Biasanya untuk pendarahan ringan maka langsung berhenti. Lakukan secara terus menerus hingga mimisan berhenti.
  3. Untuk mimisan yang kronis (dikarenakan keringnya lapisan mukosa hidung) dapat di cegah dengan menyemprotkan salin 3 kali sehari.
  4. Kalau mimisan di karenakan tekanan misal terkena tijuan maka dapat dilakukan pengompresan hidung dengan air es untuk memperkecil pembuluh darah agar pendarahan cepat berhenti.
  5. Perlu anda ketahui kematian di karenakan pendarahan di hidung atau mimisan sangatlah jarang terjadi namun jika di sebabkan oleh kerusakan arteri maksillaris ini dapat menyebabkan pendarahan hebat. Di sarankan di bawa langsung ke dokter untuk penangganan lebih lanjut.
Bawalah ke dokter jika mimisan tidak berhenti pendarahan untuk penangan lebih lanjut. Itu dia Pertolongan Pertama Pada Mimisan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pertolongan Pertama Pada Mimisan