Blog orang suka sehat. Cara, Info, dan Tips kesehatan ada disini.

Minggu, 01 Februari 2015

Penyebab Uban di Usia Dini

Penyebab Uban di Usia Dini - Uban adalah rambut putih, biasanya seseorang beruban ketika memasuki usia tua. Uban ini di karenakan adanya perubahan warna pigmen pada rambut yang biasanya di sebut melanin, pada saat usia tua produksi melanin menurun sehingga menyebabkan timbulnya rambut beruban. Tetapi bukan hanya orang tua saja yang beruban, bahkan remaja dan anak bisa beruban ini di karenakan pola hidup yang kurang sehat. Berikut Penyebab Uban Pada Usia Dini.

Rambut Beruban

Penyebab Uban di Usia Din

  1. Faktor Stress
    Orang yang sedang stress maka produksi melanin atau pigmen rambutnya akan terhambat sehingga timbul uban pada rambut, maka dari itu kurangi beban pikiran anda jangan terlalu kecapekan agar tidak stress, Perbanyak istirahat agar pikiran kembali segar dan fresh. Anda juga bisa pergi piknik untuk me-refresing otak anda agar stress hilang.
  2. Kurang Asupan Gizi
    Kurangnya asupan gizi pada tubuh tentu bisa menghambat produk melanin rambut, maka dari itu di sarankan makan-makanan bergizi seperti buah, sayur, dan susu. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B12 karena vitamin B12 membantu pembentuk melanin rambut, makan-makanan seperti beras merah, kuning telur, susu, jeroan seperti (hati, jantung, otak), gandung, wortel dan kacang.
  3. Faktor Gen
    Ini yang tidak dapat di sembuhkan ya karena ini berasal dari gen orang tua, saya sendiri mempunyai teman yang memang mempunyai uban sejak lahir.
  4. Kekurangan Sebum
    Perlu anda ketahui sebum ini berguna untuk melembabkan rambut, apabila kita kekurangan sebum maka rambut akan kering dan bisa beruban. Sebum ini merupakan zat berminyak yang terdiri dari lemak, keratin, dan bahan selular.
  5. Gaya Hidup Kurang Sehat
    Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kita lebih cepat tua dari usia aslinya ini tentunya dapat menyebabkan uban, gaya hidup yang tidak sehat dan lebih baik di hindari seperti merokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang seperti narkoba.
Itu tadi 5 Penyebab Uban di Usia Dini selain 5 diatas ternyata menggunakan minyak rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan timbulnya uban. Teman saya sendiri contoh setiap hari menggunakan minyak rambut, dan sekarang sudah beruban. Perbanyak makanan bergizi, beristirahat yang cukup, minum air putih yang cukup, dan hindari gaya hidup yang tidak sehat agar terhindar dari rambut beruban pada usia dini.
Bila sudah terlanjur beruban saya sarankan anda menggunakan minyak kemiri karena baik untuk kesehatan rambut anda dan dapat menghilangkan uban.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Uban di Usia Dini