Blog orang suka sehat. Cara, Info, dan Tips kesehatan ada disini.

Sabtu, 07 Februari 2015

Cara Mengobati Luka Bakar

Cara Mengobati Luka Bakar - Luka bakar yang disebabkan karena terkena minyak panas, terkena knalpot, terkena air panas atau bahan kimia akan gawat jika tidak secara tepat ditangani. Kulit akan melepuh, mengelupas dan meninggalkan bekas luka yang bisa sulit dihilangkan.Penanganan yang salah justru bisa berdampak buruk terhadap kulit.Sebagian orang cenderung menggunakan pasta gigi, margarine atau minyak untuk mengatasi luka bakar. Padahal, hal tersebut bukan merupakan solusi yang tepat untuk permasalahan anda. Menurut beberapa dokter, justru “odol” dapat memicu timbulnya infeksi dan memperparah keadaan, karena di dalamnya terkandung zat-zat seperti pewarna, deterjen, dan pemutih. Jadi, sebaiknya teliti dahulu sebelum menggunakan obat penghilang bekas luka yang berkembang di masyarakat.Sebaiknya, gunakan obat untuk menghilangkan bekas luka bakar yang berbahan dasar alami seperti dari buah atau sayur, karena tanaman memiliki berbagai kandungan vitamin serta nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dari luar dan dalam tanpa efek samping.beberapa diantaranya akan saya jelaskan disini.


  1. Bawang Putih
    Caranya mudah: parut bawang ini lalu oleskan ke bagian bekas luka, kemudian biarkan sampai kering. Setelah itu dibilas dengan air hangat; lakukan rutin agar cepat menghilang. Keloid yang timbul dapat memudar, karena adanya efek anti proliferasi yang ada pada bawang, sehingga pertumbuhan kolagen dapat tertekan.
  2. Mengkudu
    caranya dengan mengkompres bekas luka dengan handuk yang telah dibasahi dengan jus dan tunggu hingga kering dan dibersihkan. Lakukan hal itu sebanyak 3 kali tiap harinya. Buah ini memiliki senyawa scopoletin yang sangat membantu sebagai anti radang, sehingga digunakan untuk menjadi obat menghilangkan luka.
  3. Mentimun
    Blender buah mentimun sampai halus, lalu balurkan pada bekas luka yang menghitam dan diamkan semalaman. Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, lakukanlah secara rutin, maka bekas luka akan memudar secara perlahan. Mentimun kaya akan berbagai zat nutrisi, seperti Vitamin C, potassium yang berfungsi untuk menangkal radikan bebas, juga terdapat silica yang membantu produksi kolagen.
  4. Madu
    Madu dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka.
  5. Lidah Buaya
    kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. 
  6. Daun PareCuci Segenggam daun pare yang telah dicuci dan diremas sampai halus tambahkan air hangat dan peras.kemudian campurkan air perasan tadi dengan 2 sendok tepung beras aduk hingga teksturnya seperti lotion lalu oleskan pada bagian luka biarkan sampai kering dan bilas.

    Demikian informasi diatas semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yaa...selamat mencoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Luka Bakar